Sunday, March 31, 2013

Peluang Kecil Namun Bernilai Emas

Banyak peluang yang bisa kita tangkap dari bidang pertanian. Kalau kita serius dan mau menekuni maka inilah potensi besar yang bisa di pakai untuk membangun negeri ini. Persoalannya, sadarkah bangsa ini akan potensi yang dimilikinya? Maukah bangsa ini mengakui bahwa dari pertanian bangsa ini akan bisa meraih kemajuannya?

Pertanian rupanya tidak di anggap sebagai bidang yang bisa membawa bangsa ini meraih kemajuan. Pertanian tidak di anggap sebagai sesuatu bidang yang bisa memberikan kebanggaan. Sejak era BJ Habibie, bangsa Indonesia seakan lupa pada akarnya. Seakan – akan hanya kemajua di bidang teknologi dan kemajua di bidang industri manufaktur sajalah yang bisa membawa Indonesia masuk dalam golongan negara industri baru. Jutaan dollar dana pembangunan dicurahkan untuk meraih impian itu. Berdirilah industri – industri yang di sebut sebagai industri strategis seperti industri pesawat terbang, industri perkapalan dan banyak industri besar lainnya.

Majukah Indonesia dengan itu? Masukkah Indonesia ke dalam kelompok negara industri baru? Terbukti tidak. Justru dengan industri – industri itulah perekonomian Indonesia terpuruk. Sekarang industri – industri itu ibarat hidup enggan, mati tak mau. Dipaksakan bertahan, kemampuan keuangan negara tidak mencukupi. Namun, ketika hendak di tutup menimbulkan gejolak kemarahan dan berpotensi meningkatkan jumlah pengangguran.

Impian untuk membangun perekonomian seperti negara – negara barat membuat negeri ini benar – benar melupakan pembangunan pertaniannya. Kebijakan di bidang moneter yang ditandai dengan liberalisasi perbankan membuat pembangunan pertanian seperti tidak lagi di pandang. Padahal pengalaman banyak negara menunjukkan bahwa pertanian bukanlah bidang yang tidak terhormat. Dengan di topang pembangunan pertaniannya, banyak negara bisa maju. Bukan hanya maju, tetapi masyarakatnya bisa ikut terlibat manikmati pembangunan.

Bagaimana dengan sobat ? Setubuh,  ehh, setujukah dengan pendapat saya ?

Refrensi Daftar Pustaka:
Husodo, S. T, dkk. 2004. Pertanian Mandiri : Pandangan Strategis Para Pakar Untuk Kemajuan Pertanian Indonesia, Penerbit Penebar Swadaya, Jakarta

0 comments:

Post a Comment